Senin, 30 Juni 2014

Perang Dunia I



Minna, Konnichiwa ^^)/
Hari ini Shacchi lagi penasaran tentang Sejarah nih..
Jadi Shacchi mau share tentang Perang Dunia I...

Ok, Check this Out ! ;p


Akibat Persaingan Negara-Negara Eropa

Memasuki periode 1900-an, negara-negara Eropa yang kuat saling bersaing. Industri Jerman, Inggris, Prancis, dan Belanda amat berkembang. Perselisihan antar negara tinggal menunggu waktu saja. Pada akhir pertikaian yang sudah diperkirakan pun terjadi, ketika Pangran Austria yang bernama Franz Ferdinand dibunuh oleh seoarng Serbia tanggal 24 Juni 1914.



Austria merasa bahwa Serbia sengaja melakukannya dan mengumumkan perang. Rupanya perselisihan dua kerajaan kecil itu dimanfaatkan oleh negara-negara yang lebih kuat. Jerman yang ingin sekali menaklukan Prancis yang selama periode 1800-an industrinya bersaing ketat bersama mereka, memutuskan untuk membantu Austria. Dialin pihak, kerajaan Rusia turut membantu Serbia karena mereka memiliki suatu perjanjian untuk saling melindungi ketika salah satu diserang oleh negara lain. Prancis bersekutu dengan Rusia dan Serbia.

Perang yang awalnya melibatkan 2 negara saja, segera menyebar keseluruh Eropa. Jerman yang katanya hanya membantu Austria, makah menyerang Prancis dan menduduki negara itu. Tak puas berhasil menaklukan Prancis, Jerman meneruskan serangan ke Belgia karena Pangeran Belgia masih memiliki hubungan darah dengan anggota kerajaan Inggris, terpaksalah negara itu bergabung dalam perang dan melawan Jerman.

Terlibatnya Amerika dan Berakhirnya Perang

Perang ini disebut sebagai Perang Dunia, padahal yang berperang sebenarnya hanya negara-negara Eropa saja. Akan tetapi karena perjanjian antar negara, bangsa-bangsa non-Eropa terpaksa ikut serta. India misalnya, mereka merupakan koloni Inggris, sehingga wajib mengirimkan pasukan untuk membantu Inggris di medan perang.

Negara lain seprti Turki turut berperang dengan alasan yang berbeda. Mereka membenci Rusia yang merbut wilayah-wilayah mereka semasa mereka jaya di bawah kekaisaran Ottoman. Turki kemudian menjadi sekutu Jerman. Australia mengalami nasib serupa dengan India. Sebagai koloni Inggris mereka juga wajib mengirimkan pasukan untuk membantu Inggris selama masa perang.

Amerika terlibat dalam Perang Dunua I melalui kisah yang cukup berbeda. Mereka mengumukan sikap netral sewaktu awal perang terjadi. Akan tetapi, di lautan Atlantik, kapal selam Jerman yang dinamai U-Boats menenggelamkan kapal dagang Amerika Serikat Lusitania pada tahuun 1915. Segeralah Amerika mengirimkan pasukan mereka ke Eropa, bergabung dengan koalisi Inggris, Rusia, dan Serbia.

Pertempuran terjadi sebagian besar di Eropa. Termasuk juga wilayah Afrika Utara yang disana terdapat koloni-koloni Prancis, Jerman, dan Belgia. Semua orang terkejut dengan kedahsyatan dan kerusakan yang ditimbulkan oleh perang yang mulanya dipicu oleh sengketa dua negara kecil itu. Kota- kota besar Eropa luluh lantak. Perekonomian ambruk. Hanya Amerika Serikat yang dapat mempertahankan perekonomiannya supaya tidak ambruk, seperti negara-negara Eropa. Selama tahun 1914-1918, periode berlangsungnya Perang Dunia I, 10 juta prajurit dari berbagai negara terbunuh.

Karena diserang dengan negara-negara Eropa sekutu Inggris dan Amerika, Jerman kalah telak. Turki yang niat awalnya sekeddar merebut wilayahnya kembali juga hancur akibat serangan Rusia. Di akhir perang , disepakatilah perjanjian Versailles yang berisi kewajiban negara ayang kalah perang untuk mengganti ongkos jerugian perang. Keputusan itu memang terbukti membawa perdamaian sementara. Sayang, orang zaman itu tidak menyadari akibat perjanjian yang memberatkan Jerman itu akan menjadi sebab kemunculan Perang Dunia II.


Note : Begitulah yang terjadi saat Perang Dunia I .. Sekarang Shacchi jadi mengerti masa lalu yang sangat bersejarah ini .. ^^  Semoga bermanfaat untuk kalian juga ya~

Source : Buku Sejarah & Kebudayaan Dunia – Ardyan M. Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada masukan apapun silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik ..